Resep Immune Booster


Kontributor : Ayu Kartikasari & Tim

πŸ₯πŸ’—πŸ₯πŸ’—πŸ₯πŸ’—πŸ₯πŸ’—πŸ₯

Assalamualaikum warahmatullah para galibu dan buibu kece IIP SBY Raya, alhamdulillah sharing kesehatan telah dimulai dan topik pertama akan membahas tentang immune booster.

Sistem imun ibarat benteng pertahanan utama bagi tubuh sehingga harus dijaga dg sebaik mungkin, salah satunya dg tindakan preventif.

Dan sharing kita kali ini akan membagi resep minuman immune booster serta memahami lebih jauh kandungan apa aja sih yg berfungsi sbg immune booster dan cara kerjanya.

Let's checkπŸ”œπŸ”œπŸ”œ

🍎πŸ₯•πŸ‹πŸŽπŸ₯•πŸ‹πŸŽπŸ₯•πŸ‹
1 buah apel
1 buah wortel
1/2 jeruk lemon, peras airnya
1/2 ruas jahe
*air secukupnya (optional)

bisa dijus menggunakan blender atau juicer

konsumsi 15-20 menit sebelum sarapan pagi

🍎 seperti pepatah Welsh yg menyatakan an apple a day keeps the doctor away dg berbagai macam kandungan flavanoid, serat, vitamin C, vitamin B kompleks dsb. Vitamin C dalam apel berperan sbg antioksidan alami dg cara kerja memblok kerusakan yg disebabkan oleh radikal bebas dan menaikkan daya tahan tubuh (University of Maryland Medical Center)

Vitamin B kompleks pada apel menjaga sel darah merah dan sistem saraf agar tetap dalam kondisi baik.

πŸ‹πŸ₯• mengandung vitamin C sbg immune boost yg bekerja menstimulasi produksi sel darah putih.

Jahe dg kandungan gingerols sbg antiinflamasi, analgesik juga sbg antioksidan alami yg bekerja mengambat produksi radikal bebas.

πŸ“ŒApakah jeruk lemon bisa disubstitusi dg jeruk nipis?

Tentu bisa, hanya saja kandungan vitamin C pada jeruk lemon lebih tinggi daripada jeruk nipis dan jeruk lemon lebih less acidic (berdasarkan nilai pH)

πŸ“Œ Apakah kulit apel perlu dikupas? Pasti disitu banyak nempel pestisida.

Kandungan serat dan antioksidan paling banyak terdapat di kulit apel. Tentang pestisida yg menempel menyatakan bhw dr hasil studi laboratorium, kadar pestisida yg ada di kulit apel sangat rendah.

πŸ“Œ Bagaimana dg ibu hamil, apakah aman mengkonsumsi jahe?

Belum ada laporan ilmiah yg menyatakan konsumsi jahe berbahaya bagi kehamilan. Jahe dapat digunakan sbg pereda mual dan muntah pada kasus hiperemesis ringan


🚫🚫 pastikan membuang biji apel, krn biji apel mengandung racun cyanide yg berakibat fatal jika dikonsumsi berlebihan

Sumber:
Rehman, Riazur et al. 2011. Zingiber officinale Roscoe (pharmalogical action) Full Length Research Paper. Faculty of Pharmacy and Alternative Medicine, The Islamia University, Karachi, Pakistan.

www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/health-benefits-of-apple.html
www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/health-benefits-of-lemon.html%3fisamp=1
www.organicfacts.net/health-benefits/vegetable/carrots.html%3fisamp=1

----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sesi Diskusi di Rumah Virtual IP Surabaya Raya

Mbak Aisha : Mbak @IIP Sby Mbak Ayu yang memang ayu..utk kombinasi minuman immune booster selain ini ada apa sajakah? saat ini saya mengkonsumsi jus wortel, apel dan tomat yg katanya bagus utk tubuh..apakah jg termasuk immune booster?

Mbak Ayu : Juga termasuk mba😊, tomat kaya antioksidan dan vit C spt wortel

*****************

Mbak Mbak Vanny : Mbak Ayu.. Ada yg bilang kalau diblender/jus ada vitamin yg hilang. Kalau misal diganti perasan lemon, air jahe, kemudian wortel dan apelnya dimakan langsung. Apa khasiatnya sama? Atau memang lebih baik bercampur didalam jus baru dikonsumsi?

Mbak Ayu : Buah yg dijus konsumsinya tidak boleh lebih dr 30 menit mba stlh diblend atau stlh keluar dr juicer. Knp dijus jd satu agar lebih simple mba😊

***************

Mbak  Rahmah : Mba Ayu, saya pernah dihimbau oleh salah seorang ahli gizi ternama, katanya buah itu dimakan langsung tanpa diolah jadi juz dan sebagainya karena ini juga memancing produksi enzim yang harusnya ada di dalam mulut dan pencernaan. Bagaimana menyikapinya?

Mbak Ayu : [9:58 PM, 1/29/2018] IIP Sby Mbak Ayu: Ketika kita mengkonsumsi buah scr lgsng (tanpa diolah apapun) prosesnya memang lebih panjang mba. Ibaratnya kl dijus lgsng teguk ya, ga perlu mengunyah dulu. Nah didalam mulut ada enzim ptialin mba yg membantu proses pencernaan, dr sini sudah mulai mengaktifkan enzim kan ya. Itulah knp dibilang lebih baik konsumsi buah scr lgsng.

Saya pernah baca, mohon maaf redaksinya lupa dr mana. Utk buah yg dijus jangan lgsng diteguk, dibiarkan bbrp detik dulu dalam rongga mulut spy tidak menghilangkan proses pencernaan di mulut yg melibatkan enzim ptialin. Kurang lebih spt itu nggih mba rahmah😊

***************

Mbak Liefa : Mbak Ayu,  kalau infused water apakah juga bisa digunajan untuk immune booster.  Cara bikin infused water gimana ya mbak? Soalnya banyak versi 
Makasih πŸ™

Mbak Ayu : Bisa mba, krn mayoritas bahan yg digunakan utk infused water juga kaya antioksidan. Kl soal banyak versi, tinggal ikutin selera mba liefa aja favoritnya buah apa.

Ada cttn kecil nih mba, utk infused water dg lemon sebaiknya menggunakan sedotan ya pas minum. Krn asam di lemon jk dikonsumsi scr berkala kurang baik utk gigi

******************

Mbak Qoyimah : Mbak kalau dimasukkan kulkas juga g boleh ta?

Mbak Ayu : Menyimpan di kulkas spy dingin aja ya mba, belum tentu zat gizinya juga terjaga😊

*****************

Mbak Tina : mbak ayu... untuk penderita penurunan fungsi ginjal, kata ahli gizi harus mengurangi konsumsi buah yang mengandung kalium tinggi... 

atau kalau mau konsumsi, harus dimasak dahulu... direbus atau dikukus... 

kalau begitu, selain kesegaran buah hilang, kandungan gizi antioksidan dll juga hilangkah mbak?

Mbak Ayu : Kandungan gizi di buah atau sayur bisa turun ya kl tdk diolah dg benar. Kl dikukus atau direbus bisa melarutkan vit B dan vit C mba, krn vit tsb termasuk vit yg larut air. Opsi lain bisa dipilih buah yg tanpa direbus tp kadar kaliumnya tdk terlalu tinggi

Alhamdulillah, insyaa Allah udah terjawab semua yah pertanyaannya😊 terimakasih banyak galibu dan buibu sekalian. Kl ada yg ingin ditanyakan monggo ditulis aja

*********************






Komentar

  1. Mbak ada group wa atau line gitu ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. grup WA hanya untuk member mbak. silakan cek di www.ibuprofesional.com untuk info lengkap ya

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer